Stories in One

Friday 25 November 2016

KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER PERGENERASI

Image result for komputer generasi 1

GENERASI PERTAMA

Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memproses dan silinder magnetic untuk menyimpan data. Selain menggunakan tabung vakum,komputer generasi pertama mempunyai ciri Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler, Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas, memerlukan dya listrik yang besar dan apasitas penyimpanan kecil.




GENERASI KEDUA




Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Pada generasi kedua program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL. Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama, memori utama sudah cukup besar dan membutuhkan lebih sedikit daya listrik




GENERASI KETIGA




Pada generasi ketiga ini, ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yang mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-ChipPenggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil sehingga lebih menghemat ruang




GENERASI KEEMPAT




Perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) dengan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip dan Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC.Komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).




GENERASI KELIMA (1980 – SEKARANG)




Pada generasi kelima dilakukan pengembangan teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia.

Source:http://yogi-anggris.blogspot.co.id/
Share This

No comments:

Post a Comment

Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates